Jumat, 01 Februari 2008

Seindah Pelangi

Ayat bacaan: Kej 9:16
======================

"Jika busur itu ada di awan, maka Aku akan melihatnya, sehingga Aku mengingat perjanjian-Ku yang kekal antara Allah dan segala makhluk yang hidup, segala makhluk yang ada di bumi."


Saya termasuk orang yang sangat menyukai keindahan pelangi. Pernah suatu kali saya penasaran, pengen tahu apakah pelangi yang begitu indah itu ada tertulis di dalam alkitab. Saya menemukan satu ayat yang sering ditafsirkan sebagai pelangi. Itu ayat bacaan hari ini. Disana disebutkan busur di awan, yang mungkin bisa kita konotasikan sebagai pelangi. Pelangi ini begitu spesial, sehingga Tuhan menjadikan pelangi sebagai sebuah tanda perjanjian.

Saya kemudian bertanya2, jika memang demikian ceritanya, berarti sebelum banjir nuh, belum ada pelangi. Secara ilmu fisika, pelangi terbentuk akibat benturan sinar matahari dan butiran2 air yang kemudian berpantulan dan menguraikan cahaya hingga membentuk suatu kesan optik yang berwarna warni. Dan kalau memang fenomena alam sama sebelum dan sesudah kisah Nuh, berarti butiran air itu belum pernah ada sebelum kisah banjir, alias belum pernah ada hujan. Itu pikiran saya sebagai manusia yang pernah mempelajari sedikit ilmu pengetahuan. Ya, tidak ada yang salah dengan menyelidiki alkitab, tidak ada yang salah dengan membandingkannya dengan ilmu pengetahuan. Tapi sebenarnya ada esensi yang lebih baik untuk kita renungkan.

Ya, pelangi itu biasanya muncul setelah hujan. Apakah ada orang yang menganggap pelangi itu kelihatannya jelek? rasanya tidak. Sebuah perjanjian sangat penting, antara Sang Pencipta dan yang dicipta lewat pelangi, yang sangat indah. Tuhan menjanjikan sesuatu yang indah dalam setiap pergumulan kita, bagi kita yang percaya padaNya. Itu yang penting kita pegang, dan itu yang disediakan Tuhan buat anak2Nya. Jika saat ini anda tengah bergumul dalam hal apapun, percayalah, ada pelangi yang disediakan buat anda di depan. Percayakan segalanya ke dalam tangan Tuhan, biarlah Roh Kudus membimbing anda melewati setiap pergumulan, hingga anda merasakan hadirnya pelangi dalam hidup anda.


Seindah pelangi, demikian indahnya rencana Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari