Kamis, 10 Mei 2012

Saat Teduh: Mengenal Sepintas Kitab Maleakhi

Saat Teduh
Sesaat Bersama Tuhan // via fulltextrssfeed.com
Mengenal Sepintas Kitab Maleakhi
May 10th 2012, 00:03

Posted on Kamis, 10 Mei, 2012 by saatteduh

Baca: Kitab Malaekhi

Kitab Maleakhi membicarakan tentang kehidupan bangsa Israel sebagai umat Allah yang telah kembali dari pembuangan. Bangsa Israel memulai suatu kehidupan baru dengan penuh harapan. Mereka membangun  kembali Bait Allah serta mempersembahkan korban atas dorongan Nabi Hagai dan Nabi Zakharia. Sayangnya, pemahaman mereka keliru. Motivasi mereka dalam memberi persembahan berpusat pada diri sendiri. Oleh karena itu, mereka menjadi sangat kecewa saat apa yang mereka harapkan tidak sesuai dengan kenyataan.

Mereka tidak memperoleh kemakmuran seperti yang mereka harapkan, namun mereka justru dikepung oleh musuh-musuh mereka yang mencari kesempatan untuk terus mengganggu (Ezra 4:6-23).  Mereka mengalami kekeringan, hasil panen yang sangat mengecewakan serta kelaparan (Maleakhi 3:11).  Mereka mulai ragu-ragu terhadap kasih Tuhan (1:2) dan keadilan-Nya (2:17). Mereka merasa bahwa tidak ada gunanya hidup sesuai dengan ketentuan Allah karena orang fasik kelihatannya lebih maju dan sangat beruntung (3:14-15). Para imam telah mencemarkan ibadah yang murni (1:6,13. Di dalam kehidupan masyarakat pada umumnya terdapat perceraian dan perkawinan campur dengan orang asing (2:10-14), perzinahan, sihir, ketidakadilan dan berbagai macam  kefasikan yang lain (3:5). Semuanya itu terlihat sangat kacau dan menyakitkan hati.

Di dalam menghadapi kondisi yang seperti itu, Nabi Maleakhi ingin menyadarkan umat Israel bahwa mereka adalah umat Tuhan yang seharusnya kembali pada hubungan yang baik dan intim dengan Tuhan semesta alam. Kepada mereka, Nabi Maleakhi menunjukkan secara terperinci tentang penyebab penderitaan jasmani dan kemerosotan rohani serta memberi pada mereka langkah-langkah yang  diperlukan agar kehidupan masyarakat dapat diperbarui.

Sama seperti Nabi Hagai dan Nabi Zakharia, keprihatinan Nabi Maleakhi  yang paling utama adalah membangun prioritas rohani dalam kehidup-an umat Allah yang telah dipulihkan. Nabi Maleakhi ingin agar umat Allah mendahulukan Allah lebih dulu dengan ibadah yang benar dalam kehidupan mereka agar terjadi pemulihan yang dikerjakan oleh Allah sesuai dengan janji-Nya. [HK]

Like this:

Be the first to like this post.

Filed under: Renungan Harian

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari