Jumat, 11 Mei 2012

Saat Teduh: Beribadah dengan Hati

Saat Teduh
Sesaat Bersama Tuhan // via fulltextrssfeed.com
Beribadah dengan Hati
May 12th 2012, 00:52

Posted on Sabtu, 12 Mei, 2012 by saatteduh

- Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus -

Bacaan Alkitab hari ini: Maleakhi 3:13-4:6

Ibadah merupakan titik sentral (hal yang paling utama) dalam kehidupan orang percaya yang tidak boleh didasarkan pada masalah untung rugi, melainkan harus didasarkan pada hubungan yang intim antara manusia dengan Allah. Sikap dalam ibadah mencerminkan kualitas hubungan itu.

Umat Israel tidak memahami inti dari ibadah, yaitu relasi (hubungan) dengan Tuhan Allah, sehingga sikap mereka dalam beribadah sama seperti sikap bangsa-bangsa lain dalam memperlakukan sembahan mereka, yaitu sikap yang didasarkan pada masalah untung rugi (3:13-15). Akibatnya, umat Israel tidak beribadah dengan segenap hati kepada Allah. Pembuangan di negeri asing telah membuat konsep ibadah yang diajarkan kepada mereka menjadi luntur. Dari luar, mereka masih nampak sebagai umat Tuhan. Akan tetapi, hati mereka telah jauh dari Tuhan. Mereka sudah tidak patut lagi disebut sebagai umat kepunyaan Tuhan karena mereka tidak memiliki kesaksian hidup yang baik sebagai umat Tuhan yang bertanggung jawab. Mereka kehilangan pengharapan sebagai pemenang di hari Tuhan nanti. Mereka  tidak lagi beribadah kepada Tuhan sehingga mereka sama seperti orang fasik yang "berdagang" dengan Tuhan.

Tanpa kita sadari, penyembahan kita kepada Allah bisa menjadi sekedar rutinitas belaka. Pengaruh lingkungan bisa membuat hati kita menjauh dari Tuhan Allah. Kita bisa menjadi cenderung merumuskan sendiri—dengan perasaan kita—cara yang dapat dan cara yang tidak dapat diterima Allah. Dengan kata lain, kita bersikap seperti "manajer" Tuhan yang mengatur Tuhan sama seperti sikap umat Israel yang kembali dari pembuangan. Akibatnya, kita kehilangan hal yang terpenting dalam sebuah ibadah, yaitu hati yang mengasihi Dia. [HK]

Maleakhi 3:18 "Maka kamu akan melihat kembali perbedaan antara orang benar dan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepada-Nya."

Like this:

Be the first to like this post.

Filed under: Renungan Harian

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari