Kamis, 10 Mei 2012

RSS Santapan Harian: Jumat, 11 Mei 2012 - Gereja: sebuah komunitas kasih (Kolose 1:1-8)

RSS Santapan Harian
Daftar Edisi RSS Santapan Harian // via fulltextrssfeed.com
Jumat, 11 Mei 2012 - Gereja: sebuah komunitas kasih (Kolose 1:1-8)
May 10th 2012, 17:17

Judul: Gereja: sebuah komunitas kasih Sifat apakah yang harus menonjol di dalam gereja? Gereja tercipta karena pengurbanan Kristus yang menyelamatkan umat manusia. Gereja bukan diciptakan oleh manusia, tetapi oleh Kristus. Yesus Kristus adalah Kepala gereja (Kol. 1:18). Para pekerja atau pelayan yang bertugas di gereja dipilih oleh Kristus, contohnya Rasul Paulus (1). Kemudian dilanjutkan sampai kepada pendeta dan para pemimpin lainnya. Para anggotanya disebut sebagai orang beriman dengan sapaan saudara-saudara dalam Kristus. Gereja juga bertugas memberitakan Injil keselamatan dalam Kristus, serta pengharapan yang tersimpan di dalam surga (5). Termasuk bagian yang penting yaitu memberitakan keadilan dan damai-sejahtera berdasarkan kasih yang diwujudnyatakan dalam hidup sehari-hari (6).

Kolose 1:1-8 memberikan gambaran yang cukup jelas tentang kasih persaudaraan yang diwujudnyatakan dalam keseharian mereka. Kasih persaudaraan itu dapat terlihat dalam diri Paulus yang telah menuliskan surat gembala pada jemaat Kolose. Sebagai seorang rasul Kristus yang mengasihi jemaat, mengirimkan surat gembala untuk membina jemaat adalah suatu tindakan yang baik dan penuh kasih. Paulus tidak tinggal diam ketika ia mengetahui ada persoalan yang terjadi di dalam jemaat tersebut. Dengan penuh kasih Paulus, menyapa, mengajar, menegur dan mengarahkan jemaat menuju pertumbuhan rohani yang lebih baik. Kehidupan jemaat Kolose, walaupun ada kekurangan di sana-sini, juga telah menunjukkan sikap yang saling mengasihi di antara anggota jemaat. Sikap mereka itu rupanya cukup berkesan sehingga menjadi topik pelaporan Epafras kepada Paulus.

Hubungan kasih yang terjalin di antara para pelayan firman dengan jemaat ini menjadi penting untuk kita refleksikan bagi kehidupan gereja di masa sekarang. Sudahkah kita membangun hubungan yang demikian di dalam kehidupan gereja kita sekarang? Sebab tanpa itu, peran kita sebagai tubuh Kristus di dunia akan kurang bahkan tidak terasa bagi orang lain.

Diskusi renungan ini di Facebook: http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2012/05/11/

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Kumpulan Khotbah Stephen Tong

Khotbah Kristen Pendeta Bigman Sirait

Ayat Alkitab Setiap Hari